Ping Google Info Madu Lebah Asli ~ Jual Madu Sarang Lebah Asli

Rabu, 01 April 2015

Info Madu Lebah Asli

Info Madu Lebah Asli -  Cara ternak lebah madu.
madu lebah asli
Lokasi Ternak Madu Lebah Asli


Madu dari lebah asli adalah salah satu minuman yang sangat  bergizi dan juga  menyehatkan bagi tubuh kita  semua. Sudah tidak diragukan lagi akan banyaknya khasiat yang bisa kita dapatkan dari meminum madu, dimana setiap harinya bisa di konsumsi untuk anak anak atau ataupun orang dewasa.
Sekarang ini dengan banyak nya penikmat madu membuat sebagian orang untuk tertarik berwirausaha dengan berbisnis ternak lebah madu.
Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara berternak lebah madu, yang mungkin bisa membuat anda sekalian tertarik untuk berwirausaha .
Bagi  anda yang ingin memulai usaha untuk berternak lebah madu alangkah baiknya yang pertama kali anda harus ketahui adalah  jenis jenis madu yang layak di budidayakan, di antaranya adalah :
1. Lebah dari jenis lebah hutan ( apis dorsata)
2. Lebah lokal ( apis cerana )
3. Lebah unggul , dimana lebah jenis ini lebih produktif di bandingkan lebah lokal, dan juga lebah ini lebih jinak .

Dalam hal berternak madu modal pertama yang di perlukan adalah pengetahuan dasar dalam berternak lebah madu ,  kemudian investasi modal juga sangat  di perlukan karena dalam kegiatan budidaya lebah madu selama beberapa periode pemanenan memerlukan alat alat produksi  dan koloni lebah madu minimal 50 kotak dan bila anda ingin menghasilkan keuntungan yang maksimal  dalam ternak lebah madu idealnya anda harus memiliki  100 kotak koloni lebah madu.
Dalam bertenak madu anda harus mengetahui seperti apa cici ciri bibit lebah madu yang berkualitas baik itu di antaranya adalah :
1. Mempunyai ratu lebah yang secara fisiknya, bagus dan berusia antara 3 bulan sampai dengan  1 tahun.
2. Jumlah serta kualitas telur  yang dihasilkan oleh ratu lebah itu hasilnya banyak.
3. Hasil panen lebih banyak, baik hasil madu, bee pollen, royal jelly, dan propolis.
4. Larva lebah yang dihasilkan lebih segar.
5. Lebah biasanya akan lebih agresif.

Berikut adalah langkah – langkah penting yang harus anda lakukan saat mulai berternak lebah madu :

1. Siapkan dan sediakan peralatan beternak lebah madu :
A.) Kotak lebah tempat untuk koloni lebah madu yang  terbuat dari kayu suren/mahoni.
B.) Alat pengasap digunakan untuk menjinakan lebah madu yang agresif.
C. )Masker pelindung serangan lebah madu.
D.) Pengungkit sisiran.
E. )Sikat sisiran lebah madu.
F.) Sisiran yang terbuat dari rangka kayu dan di tengahnya diberi kawat sebagai penahan landasan sarang lebah madu.
G.) Pollen trap untuk panen bee pollen.
H.) Frame royal jelly untuk panen royal jelly dan untuk membuat calon ratu lebah.
I.) Ekstraktor untuk panen madu.

2.  Cara untuk meningkatkan jumlah koloni lebah madu

a.) Pertama gembalakan lebah madu pada lokasi yang di sana tersedia pakan cukup banyak. Dengan tersedianya pakan yang cukup akan membuat ratu lebah lebih banyak menghasilkan telur dan bisa membuat lebah pekerja menjadi lebih giat membuat sarang baru.
Antara bulan Mei hingga September adalah masa peternak lebah menggembalakan lebah madunya ke perkebunan-perkebunan yang menyediakan pakan lebah madu cukup banyak.
B.) Menyiapkan calon ratu lebah madu untuk ditempatkan dalam koloni lebah madu yang baru.
C.) Memisahkan koloni lebah madu yang sudah padat ke dalam kotak koloni lebah madu yang baru kemudian menempatkan calon ratu lebah baru atau ratu lain yang sudah jadi.

3. Cara untuk membuat calon ratu lebah
A.) Ambilah larva lebah madu yang baru menetas kira kira usia 1 hari.
B.) Kemudian masukanlah ke dalam satu potong frame royal jelly.
C.) Frame royal jelly yang sudah terisi larva lebah madu tadi kemudian ditempatkan pada kotak super (kotak   lebah madu yang berisi koloni lebah madu minimal 2 tingkat).
D.) Sekat atau pisahkan kotak super lebah madu tersebut, ratu lebah berada di kotak bawah, dan frame royal jelly calon ratu lebah madu ditempatkan pada kotak atasnya. Dengan demikian, ratu lebah madu tidak bisa mendekati calon ratu lebah madu tersebut.
E.) Diamkan selama kurang lebih 10 - 12 hari sampai calon ratu lebah menjadi kepompong.
F.) Setelah itu , calon ratu lebah dipindahkan ke kotak lebah yang besisi koloni lebah tanpa ada ratunya.
G.) Setelah dua minggu, calon ratu lebah keluar kepompong dan langsung diangkat menjadi ratu lebah oleh koloni lebah tersebut.
H.) Setelah seminggu ratu lebah tersebut siap untuk kawin dan kemudian akan mengembangkan koloni lebah yang baru di tempat tersebut.

Mungkin itulah sedikit informasi mengenai cara berternak lebah madu semoga bermanfaat bagi anda semua yang ingin mencobanya dan jika anda ingin berhasil dalam berbisnis ini, salah satu syaratnya adalah dengan menimba ilmu dan menerapkan pengetahuan yang dimiliki tentang kehidupan koloni lebah.
Kemudian bagi anda yang tertarik mendapat pengalaman langsung bagaimana cara beternak madu lebah atau wisata lebah  anda dapat menghubungi kami dan bila ingin mencoba madu yang sudah jadi dan telah di kemas untuk langsung di nikmati , disini kami menyediakan madu asli yang berkualitas baik yang langsung dari sarangnya sehingga keaslian madu yang kami produksi sangatlah terjaga.
Bila anda semua berminat dan ingin tau informasi lebih jelasnya silahkan bisa langsung menghubungi di nomer 082117569323 atau pin 55619161.
semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

    Flag Counter

    Info Madu Asli, Madu Lebah Asli

    Info madu hutan, madu lebah asli akan kita jelaskan, Sejak tahun 1979 peternakan lebah Madu Syifa Bandung mulai membuat produk madu asli, dengan peralatan yang khas dan dipertahankan hingga kini untuk menjaga keaslian dan originalitasnya.Bila Anda tertarik Untuk mengunjungi langsung lokasi penangkaran peternakan lebah Madu hutan dapat langsung ke kawasan peternakan lebah madu asli Bandung Jawa Barat.Di lokasi yang tidak hanya sejuk dan nyaman ini Anda juga akan dipandu oleh team ahli atau bila memungkinkan akan didampingi pemilik langsung untuk diajak berkeliling melihat sekeliling lokasi peternakan lebah madu asli dan mencicipi gratis berbagai jenis madu produk Madu hutan dan madu ternak. Di Suasana yang sejuk khas dataran tinggi Bandung ini Anda akan diajak juga melihat proses panen madu bila waktunya bersamaan namun bila tidak pun akan diberikan simulasi tentang proses panen hingga madu siap dipasarkan, rasakan sensasi yang berbeda ketika langsung menikmati madu sarang dengan lebah disekitar masih mengelilingi kita, tentu berbeda rasanya, atau berfoto bersama anak dan keluarga dengan lebah madu asli yang ternyata menggemaskan dan menyenangkan,segera kunjungi langsung lokasi peternakan madu lebah asli dikawasan Bandung dan hubungi 082117569323 Pin BB 7507EB93 untuk informasi lebih lanjut.

    Anda akan tahu

    Anda akan tahu bahwa Lebah Betina merupakan lebah pekerja yang menjalankan semua tugas didalam sarang... tugasnya adalah Membuat dan membersihkan sarang dan melindungi sarang dari serangan musuh, memberi makan ratu lebah dan lebah jantan, Menjaga dan memberi makan larva, membangun ruang untuk perkembangan telut - telur lebah dan membersihkannya, menjaga suhu sarang tetap hangat dan lembab serta mengumpulkan nektar, pollen dan air, lebah pekerja dapat hidup 4 sampai 6 minggu...Anda akan tahu bahwa bahwa dalam kondisi normal satu hari lebah pekerja mampu mengumpulkan nektar dari 250.000 tangkai bunga...Anda akan tahu untuk membuat madu 1 KG lebah madu harus melakukan 81.400 kali perjalanan lapangan atau setara dengan jarak 1.056.000 KM penerbangan.

    Produk Madu unggulan

    Produk Madu Unggulan Four in one ( Royal Jelly) adalah Produk Madu Syifa yang terdiri dari campuran Royal Jelly, Bee Pollen, Propolis dan Madu. Royal Jelly Adalah produk istimewa dari makanan larva calon ratu (susu ratu) mengandung lebih dari 16 vitamin, Asam lemak spesifik, Antibiotik dan Antioksidan. Manfaat Madu royal Jelly : Dapat meningkatkan stamina serta kesuburan pria dan wanita, mengganti sel - sel rusak dan sel mati, dapat mengobati penyakit luar dan dalam tubuh.

    info kontak

    info kontak telepon atau kirim pesan 082117569323, 085722107389 ,Pin BB 7507EB93